Selasa, 14 Maret 2017

SEJARAH FENG SHUI


        Apa itu Fengshui, sebelum kita memahami fengshui untuk berbagai hal terutama banyak digunakan untuk pendirian rumah disini kita perlu dulu mengerti atau memahami sejarah dari kata fengshui itu sendiri. Istilah Feng shui dan Hong Sui adalah sebenarnya sama, bedanya hanya pada dialek saja kalau Feng shui adalah dialek Mandarin sedang Hong sui adalah dialek Hokkian, secara harfiah huruf feng dan Hong artinya adalah Angin.dan huruf Shui atau Sui berarti Air, jadi huruf Fengshui atau Hongsui artinya angin dan air.
        Air adalah sumber kehidupan, tanpa makanan manusia masih dapat bertahan hidup beberapa hari namun jika air tidak ada maka keadaannya akan berbeda.Pentingnya air bagi kehidupan telah disadari oleh nenek moyang kita sejak dahulu kala, air tidak hanya penting untuk mencuci dan minum saja tetapi juga digunakan untuk jalur transportasi utama saat itu, karena jalan darat sungguh tidak mudah dilaluli saat itu.
Pentingnya air pada saat itu mendorong orang cenderung mendirikan rumah di sepanjang aliran sungai  depan rumah menghadap ke air dan bagian belakang terdapat gunung, hal ini tentu sangat memudahkan bagi seluruh anggota keluarga untuk keperluan air, Gunung yang ada dibelakang memiliki fungsi perlindungan , melindungi rumah tersebut dari terpaan angin ribut, melemahkan dan mengarahkannya menjadi angin yang bertiup perlahan.sekaligus menghimpun energi (qi) untuk kesehatan anggota keluarga.
        Jadi lingkungan yang baik dan nyaman adalah lingkungan yang memiliki gunung dibelakang dan air didepan, karena fungsi gunung berhubungan erat dengan angin maka gunung dan air dapat disamakan dengan angin (feng) dan air (shui), itulah asal atau sejarah kata Fengshui.
Eratnya hubungan fengshui dengan kehidupan dapat dilihat dari berkembangnya kebudayaan dunia, karena itu para ahli jaman dahulu menamai fengshui dengan panggilan " Kan yu ", Kan berarti mengamati sedangkan ' Yu ' berarti poros roda kehidupan, jadi Kan yu adalah ilmu mengamati roda kehidupan dari porosnya, sehingga segala sesuatu nampak sangat jelas, suatu sebutan dengan makna mendalam namun sulit untuk dicerna orang awam seperti kita. Agar mudah dimengerti semua orang pada masa akhir kerajaan Ming menjelang awal kerajaan Qing, seorang master fengshui merubah istilah Kan yu menjadi istilah Feng shui seperti yang kita kenal sekarang.



        Pandangan tentang fengshui " Belakang gunung depan Air " adalah sistem terbaik fengshui terus bergulir hingga kini, hal ini membuat orang yang tidak mengetahui asal usul fengshui mengira bahwa sistem itu merupakan sistem fengshui yang baik, Perkiraan itu salah besar, rumah yang depannya air untuk saat ini tidak lebih efisien dan strategis dari pada rumah yang didepannya adalah jalan raya, hal ini desebabkan saat ini transportasi tidak dititik beratkan pada air tetapi pada jalan darat.
        Fengshui berhubungan erat dengan lingkungan penataan ruang yang baik, membuat fengshui suatu tempat menjadi baik karena itu fengshui disebut juga seni menata ruang. Rumah yang nyaman atau harmonis tentu dambaan semua orang, meskipun ukuran kenyamanan dan keharmonisan itu berbeda untuk setiap orang. Taning Yandono dari Yap Ceng Hai  Feng Shui , punya definisi mengenai rumah harmonis , yaitu rumah dimana keluarga yang menghuninya memiliki kesehatan yang relatif baik, anak-anaknya berbakti dan patuh pada orangtuanya, berpendidikan baik, hubungan suami istri harmonis, secara finansial berkecukupan, artinya penghasilan lebih besar dari pengeluaran, namun untuk menjadi sangat kaya tergantung pada keberuntungan dari yang diatas.
        Bagi ahli feng shui dalam menciptakan rumah yang harmonis bagi kliennya biasanya memperhatikan berbagai faktor, Terutama faktor mengetahui penghuninya itu sendiri sebab ada orang yang tidak cocok tinggal di suatu rumah, tetapi ada juga orang lain yang cocok dan sukses tinggal dirumah yang sama. Hal ini disebabkan pribadi setiap individu berbeda dan fengshui menghitungnnya dari tahun kelahiran, serta faktor lainnya adalah adanya aspek dimensi waktu, karena tidak selamanya suatu rumah mengalami nasib buruk atau nasib baik ini disebabkan adanya periode perubahan..
        Dalam feng shui ada yang disebut periode 20 tahun yang ditandai dengan align-nya Planet Saturnus dan Yupiter dalam satu garis. bahkan setiap bulan atau bahkan jam, energi yang mempengaruhi suatu rumah bisa berubah. Tetapi ada juga lokasi atau rumah yang memiliki kejayaan yang panjang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...